Pages

Kenalilah Tanda-Tanda Alergi Pada Kulit Terhadap Kosmetik

Kenalilah Tanda-Tanda Alergi Pada Kulit Terhadap Kosmetik

Alergi memang sangat menyusahkan terlebih bila terjadi pada kulit, alergi pada kulit dapat disebabkan karena beberapa hal. Baik itu dari makanan yang kita makan, benda yang kita pakai, hingga kosmetik yang kita gunakan. Dan alergi yang paling parah adalah alergi pada produk kosmetik tertentu. Sebab bisa saja produk  kosmetik tersebut mengandung bahan kimia seperti merkuri.

Selain karena kandungan zat kimia alergi juga mungkin bisa dipicu karena ketidakcocokan produk kosmetik dengan kulit kita yaitu karena sistem imun tubuh yang bereaksi terlalu berlebihan ketika terjadi kontak dengan bahan-bahan yang membuat alergi tersebut. Berikut beberapa ciri alergi pada kulit terhadap produk kosmetik tertentu adalah sebagai berikut :

1. Gatal-gatal.

tanda-tanda-alergi-pada-kulit-terhadap-kosmetik
Gatal-gatal adalah gejala paling umum bahwa kulit kita alergi. Gatal juga merupakan gejala paling ringan. Pada masa awal penggunaan memang ada sedikit gejala pada kulit kita yaitu terasa sedikit perih tapi itu normal jika kamu merasakan gatal-gatal sebaiknya hentikan penggunaan kosmetik tersebut itu tanda alergi.
Dan ketika hal ini terjadi sebaiknya jangan di garuk karena itu akan menyebabkan iritasi dan itu akan sulit kering bila dibandingkan dengan luka pada umumnya.

2. Kulit memerah.


Selain gatal, tanda kulit yang alergi akan menjadi kemerahan seperti terbakar dan jika dibiarkan lama warna kemerahan tersebut akan berubah menjadi kehitam-hitamann.

3. Munculnya Ruam-Ruam Pada Kulit.


Ketika terjadi alergi pada kulit maka akan terasa ruam-ruam pada kulit dan ini akan sulit sembuh apalagi hanya diobati dengan salep.

Ada beberapa bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik yang dapat menjadi penyebab  alergi yaitu paraben (bahan pengawet yang sering digunakan untuk kosmetik), SLS dan ALS, senyawa asam, triclosan, isopropyl alcohol, dan beberapa bahan kimia lainnya. Alergi terjadi karena penggunaan bahan-bahan tersebut tidak digunakan sesuai aturannya atau takaran yang seharusnya.

Untuk mengantisipasi dan memulihkan alergi tersebut yaitu segera hentikan penggunaan produk kosmetik tersebut dan bila dalam beberapa hari tidak terjadi perubahan atau sembuh maka disarankan untuk segera menghubungi dokter.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram